LANGKAH MUDAH MENANAM BUNGA SAFFRON DI RUMAH

√ Inilah 20+ Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan & Ketahui Efek Sampingnya

Bunga Saffron ini memiliki nama latin yaitu crocus sativus L. bunga saffron ini juga disebut sebagai bahan rempah termahal di dunia. Saffron ini merupakan rempah yang berbentuk benang halus yang memiliki warna merah. Saffron merah ini sangat mahal karena cara penanaman nya dan cara panen nya juga sulit, sehingga harus memerlukan teknik khusus. Saffron ini merupakan rempah dengan aroma khas yang kuat dan memiliki sifat tinggi antioksidan. Saffron ini memang petani harus memanen dengan lembaran halus yang mirip benang dari setiap bunga saffron dengan menggunakan tangan. Para petani tersebut juga perlu memanaskan dan memproses hasil bunga saffron ini agar rasa saffron ini keluar.

Cara Mudah Membudidayakan Bunga Saffron

Sejak dahulu memang bunga saffron ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga harga jual bunga saffron ini cukup mahal. Saffron ini merupakan rempah yang berasal dari Iran. Kandungan nutrisi antioksidan dalam bunga saffron ini seperti crocin, picrocrocin, safranal, senyawa kaempferol, dan crocetin. Hal ini dapat membantu melawan radikal bebas dari penyakit kronis. Seperti kanker dan serangan penyakit jantung. Saffron ini memang memiliki harga yang cukup tinggi, untuk satu gram saffron grade A ini harga nya dapat mencapai rp 190 ribu. Sehingga dalam membudidayakan bunga saffron ini merupakan bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan. Dalam menanam bunga saffron ini termasuk mudah, untuk itu berikut tips mudah menanam bunga saffron di rumah;

  • Persiapkan bibit bunga saffron

Bunga saffron ini dapat di tanam di lahan yang kecil atau bisa dalam pot. Jika anda tidak memiliki lahan yang luas maka lahan kecil ini bisa anda jadikan solusi nya. Bunga saffron ini memang dapat dibudidayakan di iklim panas. Bunga saffron ini dapat bertahan di suhu -20 sampai 40 derajat celcius. Sebelum memulai menanam bunga saffron ini maka siapkan lah bibit nya. Ada baiknya jika bibit saffron ini anda membelinya di toko yang terpercaya agar bunga saffron yang ditanam menghasilkan kualitas yang baik.

  • Siapkan media tanam

Jika anda ingin menanamnya di tanah, pastikan lahan tersebut dapat terkena sinar matahari yang cukup. Tanah yang digunakan ini harus tanah subur dan gembur dengan pH 6-8. Lalu pastikan juga tanah nya tidak kering agar tidak membuat busuk bibit nya. Lubangi tanah sekitar 3-5 inchi. Setelah sudah ditanam maka siram dengan air secukupnya jangan terlalu basah.

  • Tahap perawatan

Dalam merawat bunga saffron ini anda cukup menyiraminya tiga kali dalam sepekan. Jika sedang cuaca musim hujan sebaiknya anda menanam dalam pot agar tanah tidak terlalu basah. Berikan pupuk kompos 1-2 sepekan sekali.

  • Waktu panen 

Bunga saffron ini memang memiliki waktu yang tidak singkat untuk mekar. Anda dapat menghitung dari penanaman sekitar 6-8 pekan, bunga saffron ini mekar. Waktu mekar ini dapat berpengaruh dari nutrisi yang didapatkan saffron. Selain pupuk kompos anda juga dapat menambahkan pupuk kalsium. Bunga saffron ini akan bertahan lebih dari tiga pekan sehingga akan mati. Dan anda bisa mengambil stigma saffron ini yang berwarna merah oranye.

  • Akhir stigma saffron

Setelah bunga saffron di panen maka, stigma saffron ini dikeringkan selama 1-3 hari. Setelah dikeringkan masukkan saffron ke dalam wadah yang kedap udara hal ini dapat membuat stigma bertahan hingga lima tahun.

Nah, itulah tips mudah cara menanam bunga saffron yang dapat di lakukan di rumah. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment